Argentina, Uruguay Ingin Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia

Tiga negara Amerika Selatan bergandengan tangan untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia. Tahun berapa?

Trofi Piala Dunia
Trofi Piala Dunia

Argentina, Uruguay dan Paraguay akan melakukan penawaran bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

Presiden dari ketiga negara itu mengumumkan rencana tersebut di Buenos Aires pada hari Rabu, meskipun proses penawaran tidak akan dimulai sampai beberapa tahun ke depan.

Piala Dunia 2030 akan menandai seratus tahun turnamen Piala Dunia, dengan yang pertama diadakan di Uruguay pada tahun 1930.

Pada bulan Juni, UEFA mengatakan akan “sangat mendukung” tawaran Britania Raya (bersama Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara) atau Inggris saja untuk menjadi tuan rumah pada 2030.

“Pertemuan pertama [untuk persiapan penawaran] akan diselenggarakan pada minggu pertama bulan November,” kata presiden Paraguay Horacio Cartes.

“Negara lain akan sangat ingin menjadi tuan rumah tapi ada argumen yang sangat kuat untuk memberikannya kepada Uruguay, yang akan merayakan 100 tahun [dari tuan rumah pertama].”

Tawaran bersama dari Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada adalah favorit untuk memenangkan hak tuan rumah untuk turnamen serupa di tahun 2026, dengan Maroko adalah satu-satunya kandidat lainnya sejauh ini.

Sebanyak 48 tim, bukan 32 seperti saat ini, akan bersaing di turnamen yang akan diperluas mulai pada kompetisi tahun 2026 setelah perubahan yang diumumkan oleh FIFA awal tahun ini.

Piala Dunia 2018 akan digelar di Rusia, sementara Qatar akan menjadi tuan rumah event 2022.

Indonesia merencanakan penawaran menjadi tuan rumah bersama bareng negara-negara Asia Tenggara lainnya untuk Piala Dunia 2034. Thailand juga sudah menyuarakan keinginannya menjadi tuan rumah bersama Indonesia pada tahun yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here