Barcelona vs Las Palmas Tanpa Penonton, Ini Alasan Sesungguhnya

Laga Barcelona vs Las Palmas kemarin dilangsungkan tanpa penonton. Tapi apa alasannya? Protes dan solidaritas.

Hasil Barcelona vs Las Palmas, Liga Spanyol

Pertandingan La Liga Barcelona melawan Las Palmas dimainkan di belakang pintu tertutup sebenarnya merupakan sebuah protes dari klub Catalan itu.

Hal ini dilakukan setelah permintaan mereka agar laga ditunda, sehubungan dengan panasnya suasana referendum kemerdekaan Catalonia, ditolak pihak Liga Spanyol.

Pemerintah Spanyol berjanji untuk menghentikan sebuah pemungutan suara yang dinyatakan ilegal pada hari demonstrasi dan kerusuhan, Minggu.

Barca mengambil keputusan untuk bermain di belakang pintu tertutup 25 menit sebelum kick-off dimulai, dengan ribuan fans menunggu di luar. Pemimpin klasemen La LIga itu kemudian mencatatkan kemenangan mudah 3-0 atas Las Palmas.

Catalonia, wilayah yang terdiri dari 7,5 juta orang di timur laut Spanyol, memiliki bahasa dan budayanya sendiri dan Barcelona adalah ibukotanya. Wilayah ini juga sejak lama memiliki kesadaran tingkat otonomi yang tinggi, namun tidak diakui sebagai negara yang terpisah berdasarkan konstitusi Spanyol.

Polisi menggunakan pentungan dan melepaskan peluru karet saat demonstrasi pro-referendum merebak di jalanan Barcelona, ​​dan pemerintah Catalan mengatakan lebih dari 800 orang telah terluka.

Wakil Perdana Menteri Spanyol Soraya Saenz de Santamaria mengatakan bahwa polisi telah “bertindak dengan profesionalisme dan secara proporsional”.

Sebuah pernyataan dari La Liga mengatakan bahwa pertandingan tersebut harus berjalan seperti biasa karena keamanan fans telah “dijamin” oleh polisi Catalan.

Penulis sepak bola Spanyol Andy West, yang berada di Nou Camp, mengatakan bahwa keputusan Barcelona untuk bermain di balik pintu tertutup merupakan protes terhadap pihak La Liga karena pertandingan dipaksa berjalan terus sesuai jadwal.

Dia mengatakan: “Menurut klub, mereka meminta penundaan karena mereka merasa kurang pantas pertandingan berlangsung mengingat adegan abnormal yang terjadi di sekitar Catalan.”

“Liga menolak dan mengancam sanksi berat – mungkin hukuman enam poin, seperti yang telah dilaporkan. Jadi Barca dengan enggan menyetujui untuk memainkan permainan tapi, sebagai tanda protes, mereka bersikeras itu hanya bisa berlangsung di balik pintu tertutup.”

Barcelona dengan mudah memenangkan pertandingan berkat dua gol dari Lionel Messi dan satu dari Sergio Busquets.

Dalam sebuah pernyataan keras di situs mereka sebelum kick off pukul 15:15 waktu setempat, Barcelona mengatakan bahwa mereka ingin menunda pertandingan tersebut dalam terang situasi politik terkini.

Liga Spanyol  - Barcelona vs Las Palmas Tanpa Penonton, Ini Alasan Sesungguhnya
Gerard Pique, Catalan

Pernyataan tersebut mengatakan: “FC Barcelona mengecam peristiwa yang telah terjadi di banyak bagian di Catalonia hari ini, yang mencegah warganya menerapkan hak demokratis mereka untuk kebebasan berekspresi.”

“Mengingat sifat peristiwa yang luar biasa, dewan direksi telah memutuskan bahwa pertandingan tim utama FC Barcelona melawan Las Palmas akan dimainkan di balik pintu tertutup menyusul penolakan Profesional Football League (pihak Liga Spanyol) untuk menunda pertandingan.”

Selama pertandingan, papan skor di Nou Camp memuat gambar kotak suara dan kata ‘demokrasi’ di atasnya.

Liga Spanyol  - Barcelona vs Las Palmas Tanpa Penonton, Ini Alasan Sesungguhnya
Democracia, Barcelona, Camp Nou

Lawan Barca, Las Palmas, mengenakan bordir bendera Spanyol mencolok di atas jersey mereka untuk menyatakan dukungan mereka untuk Spanyol yang bersatu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here