Carlo Ancelotti Absen Melatih 10 Bulan ke Depan

Pelatih Carlo Ancelotti berencana untuk istirahat selama 10 bulan setelah ia dikaitkan dengan Arsenal.

Carlo Ancelotti
Carlo Ancelotti

Mantan pelatih Bayern Munchen, Carlo Ancelotti, telah mengonfirmasi bahwa dia tak akan melatih lagi di musim ini, karena ingin beristirahat dari dunia sepakbola untuk sementara waktu.

Pelatih asal Italia itu dipecat Bayern Munchen pekan lalu, setelah hanya memandu 10 pertandingan di musim baru ini. Terakhir, Bayern kalah telak 0-3 di tangan Paris Saint-Germain di ajang Liga Champions.

Spekulasi menyebutkan Ancelotti akan gantikan Arsene Wenger di Arsenal, setelah pelatih asal Prancis itu terus-menerus berada di bawah tekanan agar bisa persembahkan trofi kepada Emirates musim ini, atau tinggalkan klub tersebut.

Wenger tanda tangani perpanjangan kontrak dua tahun di musim panas. Namun, ia menerima kalau dia bisa menjauh dari klub seandainya Arsenal finis di luar empat besar lagi.

Apapun yang terjadi di tim Meriam London, Ancelotti telah putuskan bahwa dia butuh waktu istirahat sebelum kembali melatih. “Selama 10 bulan ke depan, saya akan beristirahat, saya tidak akan melatih tim manapun,” ujar Ancelotti kepada Sky Italia.

Bayern memecat Ancelotti di tengah kerusuhan yang berkembang di antara para pemainnya, dan klub tersebut berada lima poin di bawah pemimpin sementara Bundesliga, Borussia Dortmund.

Ada laporan sesi latihan rahasia dan komentar bintang Bayern, sejak Ancelotti terpaksa tinggalkan raksasa Jerman tersebut. Tapi, ketika ditanya tentang kepergiannya dari Bayern, Ancelotti hanya sangat sedikit berkomentar, “Lebih baik diam saja.”

Penggemar Arsenal agaknya senang Ancelotti akan gantikan Wenger, karena pelatih berusia 58 tahun itu telah membangun reputasi yang sangat dihormati. Ia sempat tangani Chelsea, Real Madrid dan AC Milan, yang semuanya berhasil mengangkat trofi besar. Ancelotti juga berhasil menangkan tiga trofi Liga Champions sebagai manajer.