Eric Cantona mengaku berharap Pep Guardiola yang latih Manchester United dan bukan Jose Mourinho.

Eric Cantona Ingin Guardiola Latih Man Utd, Bukan Jose Mourinho

Musim pertama Jose Mourinho bersama Manchester United berjalan cukup baik, di mana pelatih asal Portugal itu mampu persembahkan tiga gelar juara, termasuk juara Liga Europa yang memberi MU tiket langsung ke Liga Champions musim ini.

Meski demikian, musim kedua Mourinho kali ini berjalan sedikit lebih berat setelah dirinya mendapat banyak kritik mengenai gaya permainan yang diterapkannya pada skuad United.

Salah satu legenda MU, Eric Cantona, bahkan merasa Manchester United tak layak terapkan gaya permainan bertahan seperti yang diperlihatkan bersama Mourinho saat ini.

Cantona sendiri menilai, sosok Pep Guardiola merupakan sosok pelatih yang lebih sesuai dengan gaya bermain Manchester United selama ini. “Saya hanya tidak bisa memahami, mengapa Manchester United datangkan seorang pelatih yang bermain secara defensif,” ujar Cantona.

“Sepakbola yang saya mainkan dan sepakbola yang Sir Alex Ferguson mainkan, dan yang diperagakan Sir Matt Busby sebelumnya, itu adalah sepakbola yang sangat kreatif,” tambahnya.

“Itulah sebabnya mengapa saya lebih memilih cara bermain Guardiola, dan saya lebih memilih dirinya menjadi pelatih Manchester United. Ia pilihan yang lebih masuk akal,” tegas Cantona.

“Saya memang menyukai sosok Mourinho sebagai seorang pelatih, dan saya katakan itu sebelum dia datang ke Manchester. Dia punya karisma yang besar. Dia sudah menangkan banyak hal dan dia akan menangkan banyak hal lagi. Namun, dia bermain secara defensif, itu bukan identitas Manchester United,” tandasnya.

“Tentu saja saya ikuti perkembangan Manchester United, karena itu klub saya, gadis saya, dan lebih dari sekedar sebuah klub bagi saya. Tapi, saya lebih memilih untuk saksikan Barcelona bermain. Saya tidak saksikan pertandingan Manchester City, tapi itu hanya karena mereka adalah Manchester City. Namun, saya akan senang jika bisa bermain bagi sebuah tim yang ditangani oleh Guardiola,” tegas Cantona lagi.

Saat ditanyakan apakah ia akan bersedia menjadi pelatih United suatu hari nanti, Cantona menjawab, “Mungkin saya akan duduk dan kami akan bicara selama beberapa menit. Saya tidak yakin, saya akan mengatakan ya, tapi kami akan bicara. Manchester United adalah klub yang sangat spesial”.

Published by

Lalu Ilman Adin

For all the fresh young talent amid the new breed of soccer writers out there, one of the game’s longest serving journalists to have consistently held respectable positions with major newspapers in Indonesia is Lali Ilman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *