Everton dan Hajduk Split Sama-sama Terkena Denda

Everton dan Hajduk Split sama-sama terkena denda setelah dinilai gagal mengatur suporternya di laga terakhir.

Fans Hajduk Split di Everton
Fans Hajduk Split di Everton

Denda untuk Everton dan Hajduk Split itu dijatuhkan oleh UEFA setelah kerumunan penonton merusak jalannya pertandingan play-off Liga Europa di Goodison Park bulan lalu.

Penggemar Hajduk masuk ke lapangan dan melemparkan benda-benda sehingga memaksa pertandingan dihentikan di menit ke-33 pada laga 17 Agustus itu.

Klub Kroasia tersebut kini harus membayar sekitar Rp 634 juta, sementara Everton dijatuhi denda Rp 158,5 juta.

Hajduk juga telah diperintahkan untuk menghubungi Everton dalam waktu 30 hari ke depan guna membayar “penyelesaian kerusakan yang diakibatkan oleh para pendukungnya”. Sejumlah kursi dilaporkan dirusak saat laga itu berlangsung.

Everton, yang didakwa oleh UEFA untuk lemparan benda-benda ke atas lapangan yang dilakukan suporternya, memenangkan pertandingan itu dengan skor 2-0 sebelum mencatatkan hasil imbang kedua 1-1 di Kroasia untuk lolos ke babak penyisihan grup.

Di tempat lain, UEFA masih menyelidiki kerumitan masalah dalam pertandingan grup Liga Europa antara Arsenal vs Koln di Emirates Stadium pada 14 September lalu.

Klub Jerman yang tampil buruk di liga domestik itu menghadapi empat tuduhan, termasuk kerusuhan yang dilakukan fansnya, penyalaan kembang api suar, sementara Arsenal menghadapi tuntutan atas tangga stadion yang terblokir.

Pertandingan ditunda satu jam karena ribuan penggemar Koln tiba di London tanpa tiket. Mereka bernyanyi, bersorak-sorak dan memadati jalanan ibukota Inggris itu di sekitar Stadion Emirates.

Sementara itu Spartak Moscow telah dijatuhi denda Rp 950 juta dan dilarang menjual tiket ke fansnya untuk pertandingan tandang Liga Champions berikutnya di Sevilla pada 1 November.

Itu terjadi setelah sebuah kembang api suar ditembakkan ke arah wasit saat pertandingan Liga Champions mereka yang berakhir imbang 1-1 melawan tim Slovenia, Maribor, pada 13 September.

Bos Sevilla Eduardo Berizzo juga telah diskors untuk satu pertandingan Liga Champions setelah ia dikartumerah saat melawan Liverpool karena membuang bola pada laga imbang 2-2 di Anfield, 13 September lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here