Gol Dianulir, Bos Barcelona Angkat Bicara Soal VAR

Ernesto Valverde berharap melihat gol yang jelas-jelas sah tidak lagi dianulir di masa depan, usai Barcelona dirugikan oleh keputusan wasit di laga kontra Valencia, Senin (27/11) dinihari.

Ernesto Valverde merasa Barcelona telah dirugikan keputusan wasit, di samping belum digunakannya VAR di La Liga.
Ernesto Valverde merasa Barcelona telah dirugikan keputusan wasit, di samping belum digunakannya VAR di La Liga.

Manajer Barcelona Ernesto Valverde ungkap beberapa kasus dari ketiadaan penggunaan video garis gawang (video assistant referee/VAR) dalam sepakbola. Hal itu disampaikan Valverde setelah melihat Barca kehilangan dua poin akibat tak disahkannya gol Lionel Messi dinihari tadi.

Satu tembakan Lionel Messi di menit 30 berhasil melewati kiper Valencia, Neto. Pemain asal Argentina itupun sudah rayakan golnya bersama Luis Suarez, sebelum wasit putuskan bahwa permainan harus terus dilanjutkan.

Tayangan ulang televisi menunjukkan, bola telah melewati garis gawang. Namun, Barcelona harus menerima kenyataan bahwa gol mereka tidak disahkan wasit dan pertandingan harus berakhir imbang, 1-1.

Sementara Valverde mengakui, dia ingin melihat VAR segera digunakan di La Liga untuk mengklarifikasi situasi seperti ini di masa depan.

“Saya pikir, kita semua setuju bahwa dalam permainan seperti ini perlu ada pembuktian. Topik VAR bukan tentang mengadili permainan, topik itu telah berlalu, dan saat ini kita masih sibuk membahas masalah ini,”  ujar Valverde setelah pertandingan.

“Di lain hari melawan Malaga, ada bola yang keluar (dan permainan dilanjutkan wasit), kami mencetak gol dan itu menguntungkan kami,” aku Valverde.

Manajer asal Spanyol itu juga percaya, gol Messi yang tak disahkan wasit telah mengubah seluruh permainan. “Kami berada dalam kendali penuh di babak pertama, dan kami punya satu gol yang tidak disahkan. Di babak kedua, Valencia putuskan untuk menekan kami dan bergerak maju lebih jauh. Gol mereka menyakiti kami, jadi kami bergerak maju untuk menyerang lebih banyak,” tandasnya.

“Gol yang dianulir itu telah merusak kami, dan itu keputusan yang salah dari asisten wasit,” ujar Valverde.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here