Pelatih Italia Dipecat, Siapa Penggantinya Menurut Kamu?

Italia memecat pelatih timnas mereka Kamis dinihari WIB setelah juara dunia empat kali itu gagal mencapai Piala Dunia 2018.

Gian Piero Ventura, Pelatih Timnas Italia
Gian Piero Ventura, Pelatih Timnas Italia

Nasib pelatih veteran, Gian Piero Ventura, dipastikan setelah Federasi Sepak Bola Italia (FISC) melakukan sebuah pertemuan darurat di Roma pada Rabu malam WIB.

Pelatih berusia 69 tahun itu menolak untuk mengundurkan diri meski mengalami kekalahan agregat 1-0 dari Swedia di babak playoff pada hari Senin. Hasil ini membuat Italia absen di Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 60 tahun.

“Sejak hari ini Gian Piero Ventura bukan lagi pelatih tim nasional,” kata FIGC dalam sebuah pernyataannya.

Ventura telah mempertahankan kepemimpinannya sebagai “salah satu catatan terbaik dalam 40 tahun” meski gagal memimpin juara dunia tahun 1934, 1938, 1982 dan 2006 itu lolos ke Piala Dunia ke-19 mereka.

“Saya kalah hanya dua kali saja dalam dua tahun,” katanya kepada acara televisi Italia Le Iene dalam sebuah wawancara singkat.

Sejak mantan pelatih Torino itu mengambil alih posisi pelatih kepala timnas pada Juli 2016, Italia telah kalah pada tiga pertandingan – melawan Prancis di Bari (3-1), Spanyol di Madrid (3-0) dan melawan Swedia di playoff leg pertama Piala Dunia di Solna (1-0) – menang sembilan kali dan draw empat.

Mantan bos Chelsea dan Real Madrid Carlo Ancelotti telah disebut-sebut oleh pers Italia sebagai favorit untuk menggantikan Ventura. Sang pelatih Italia berusia 58 tahun itu dalam posisi bebas setelah dipecat oleh Bayern Munchen pada akhir September.

Ventura menggantikan Antonio Conte pada bulan Juni 2016, dan digambarkan sebagai “master sepakbola” oleh presiden federasi sepakbola Italia, Carlo Tavecchio.

Namun, Italia hanya mampu mengambil satu poin dari kemungkinan enam melawan Spanyol di babak kualifikasi dan juga bermain draw di kandang sendiri melawan Makedonia.

“Saya hanya bisa meminta maaf kepada rakyat Italia, bukan untuk kemauan atau usahanya tapi untuk hasilnya, yang seperti yang saya tahu adalah hal utama,” kata mantan bos Napoli dan Sampdoria, Ventura, setelah harapan Piala Dunia Italia berakhir mengecewakan.

Ketika dia ditunjuk, dia diberi kontrak dua tahun yang akan membawanya sampai ke hari terakhir final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Pada saat itu, Tavecchio menyebut Ventura sebagai pelatih “inovatif” dengan “pengalaman tak terbatas” yang telah membantu banyak pemain mencapai tim nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here