Pep Guardiola Pakai Pita Kuning di Jaketnya, Kenapa?

Pep Guardiola memakai pita kecil berwarna kuning pada jaketnya, saat Manchester City menjamu Arsenal di Etihad Stadium, Minggu (5/11) malam. Ternyata, ini dilakukan Guardiola untuk mendukung politisi Catalan yang dipenjara pemerintah Spanyol karena mendukung kemerdekaan provinsi tersebut.

Guardiola membimbing The Citizens raih kemenangan meyakinkan, 3-1, atas The Gunners, dan jelaskan pendiriannya mengenai situasi politik di tanah airnya sebelum pertandingan.

Saat ini, Jordi Cuixart dan Jordi Sanchez – presiden kelompok politik Omnium dan ANC – tetap dipenjara atas tuduhan penghasutan, pemberontakan dan penggelapan untuk kemerdekaan Catalan.

“Saya berharap agar para politisi yang dipenjara bisa keluar sesegera mungkin demi keluarga mereka,” ujar Guardiola.

“Jika hal seperti itu bisa terjadi pada mereka, maka siapa saja bisa mengalaminya juga. Hanya gara-gara berikan pendapat. Publik tidak usah bingung dan berpikir itu tidak mungkin terjadi pada mereka, karena itu bisa saja,” tambahnya.

“Kami tak bisa abaikan kalau ke-11 politisi atau aktivis ini, yang tidak menyakiti siapapun, dipenjara karena meminta masyarakat untuk berikan suara mereka,” ujar mantan pelatih Barcelona itu.

“Banyak hal telah terjadi tapi itu semua karena kami ingin memilih, karena kami inginkan referendum yang sah. Solusinya adalah, negara bagian dan Catalonia harus setuju, dan kita bisa adakan referendum yang disepakati. Sesederhana itu saja,” tandasnya.

“Sampai saat itu terjadi, hanya akan ada solusi yang sulit. Pada akhirnya, akan ada orang-orang di penjara karena manifesto mereka mengatakan, jika mereka menang, mereka akan adakan referendum. Itulah yang telah terjadi, dan ada dalam manifesto tersebut,” ujar Guardiola.

“Sekarang, untuk berikan suara, mereka dipenjara. Hari ini, mereka menderita. Satu-satunya yang kami inginkan dalam proses ini adalah memilih. Menakut-nakuti kami sampai sejauh ini dengan mengatasnamakan hukum,” tambahnya.

“Saya berharap hal itu bisa diperbaiki dan kita bisa memiliki pemilihan demokratis dan pada 21 Desember nanti kami bisa memilih tanpa ada gangguan, di mana kami bisa mengekspresikan apa yang kami inginkan. Secepat itu kita bisa pulihkan institusi dan parlemen Catalan dapat kembali ke tempat semula,” ujar Guardiola.

Published by

Didit Sukmayadi

For all the fresh young talent amid the new breed of soccer writers out there, one of the game’s longest serving journalists to have consistently held respectable positions with major newspapers in Indonesia is Didit Sukmayadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *