Spanyol, Inggris, Uruguay Tangisi Ranking Terbaru FIFA, Ini Sebabnya

Ranking terbaru Spanyol dan Inggris bikin mereka terlempar keluar Pot 1 drawing Piala Dunia 2018. Ini ceritanya

Trofi Piala Dunia, World Cup, Rusia 2018
Trofi Piala Dunia, World Cup, Rusia 2018

Ranking FIFA bulan Oktober 2017 ini akan digunakan untuk drawing penyisihan grup Piala Dunia 2018 mendatang. Mereka yang masuk urutan-urutan teratas akan dipasang sebagai unggulan di tiap grup.

Dalam ranking terbaru itu Spanyol, Inggris, dan Uruguay terlempar dari tujuh tempat teratas. Sebenarnya delapan tempat yang dibutuhkan, tapi jatah satu tim unggulan sudah diambil Rusia yang menjadi tuan rumah. Jadi sisa tujuh saja.

Dan seperti yang bisa kamu lihat, tujuh tempat teratas adalah berturut-turut, menurut daftar ranking FIFA bulan Oktober, adalah: Jerman, Brasil, Portugal, Argentina, Belgia, Polandia, dan Prancis. Mereka – bersama Rusia yang menempati posisi No 65 – akan masuk Pot 1 drawing Piala Dunia yang akan diadakan di Istana Kremlin pada 1 Desember mendatang.

Posisi sebagai unggulan menyebabkan mereka tidak saling berhadapan di tahap yang terlalu awal, babak penyisihan grup. Namun ada nama-nama lain yang tak bisa dihindari karena berada di luar 7 besar, yakni tim-tim kuat mantan juara Eropa dua kali Spanyol, Inggris, dan juga Uruguay. Mereka berturut-turut mengisi posisi No 8, 12, dan 17 di daftar ranking terbaru.

Jika Italia (di ranking No 15) dan Peru (No 10) berhasil menang dalam play-off mereka masing-masing pertengahan November, maka kedua negara itu akan menemani Spanyol, Inggris dan Uruguay di Pot 2. Nama-nama lain yang masuk unggulan kedua adalah Kolombia, Meksiko, dan Swiss.

Ada satu negara yang sebenarnya menduduki posisi No 9 ranking FIFA di bulan Oktober ini, posisi yang cukup tinggi, tapi gagal lolos ke Rusia. Tahu? Dia adalah Chile. Mengecewakan bahwa sang juara Amerika Selatan itu harus tersingkir terlalu awal. Juga di urutan No 14 ada Wales, dan mereka juga tersingkir dari penyisihan zona Eropa. Di urutan 20 ada Belanda dan kita juga sudah tahu nasib yang menimpa mereka.

Indonesia seperti kita tahu ada di urutan No 165, naik empat posisi sih, tapi tetap saja tidak cukup menghibur.

Pengundian akan dilakukan saat nama-nama mereka yang lolos ke Rusia diketahui. Sebanyak 32 nama negara akan diundi ke dalam delapan grup, masing-masing berisi empat tim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here