Timnas Indonesia Kandas di Semifinal SEA Games

Timnas Indonesia U-22 akhirnya harus mengakui kemenangan Malaysia, 1-0, di semifinal sepakbola SEA Games Kuala Lumpur, Sabtu (26/8) malam ini.

Para pemain Indonesia yang berjuang hingga detik-detik terakhir pertandingan melawan Malaysia, menangis di atas rumput lapangan Stadion Shah Alam, Selangor, sesaat setelah dikalahkan Malaysia. Untuk bisa beranjak dari atas lapangan, Evan Dimas bahkan harus disemangati pelatih Luis Milla dan stafnya, bahkan para pemain lawan yang beberapa di antaranya terlihat merangkul dan menghibur para pemain Indonesia.

Melihat perjuangan skuad Garuda Muda selama di SEA Games Kuala Lumpur ini, tampaknya memang sulit untuk menerima kekalahan ini. Apalagi, Indonesia kalah di tangan Malaysia – tuan rumah sekaligus juara bertahan cabang olahraga sepakbola SEA Games yang ramai diberitakan tidak sportif dalam beberapa event pertandingan. Selain itu, Evan Dimas dan kawan-kawan juga punya banyak peluang sejak awal pertandingan. Tapi, tak ada satupun peluang itu yang berubah menjadi gol.

Malaysia hanya berhasil menyarangkan sebiji golnya ke gawang Satria Tama, di mana gol itu tercipta di pengujung laga. Berawal dari sepak pojok, Thanabalan berhasil sarangkan bola ke gawang Indonesia lewat sundulannya yang gagal dibendung Satria Tama. Hanya tiga menit sebelum pertandingan usai, Malaysia unggul 1-0.

Di babak kedua, Indonesia kehilangan Septian David Maulana yang alami cedera. Ia tampak kesakitan dan harus ditandu keluar lapangan. Pelatih Luis Milla pun mengganti penyerang Mitra Kukar ini dengan Saddil Ramdani, yang masuk menggantikannya di menit 60.

Dalam pertandingan ini sebenarnya Indonesia memiliki banyak peluang. Terutama lewat kerja sama antara sang kapten, Evan Dimas, dengan Ezra Walian yang jadi ujung tombak penyerangan. Sayangnya, berkali-kali peluang yang dibangun gagal membuahkan gol.

Akibat kekalahan ini, Malaysia akan melaju ke final dan bertemu Thailand, yang juga menang 1-0 atas Myanmar. Sementara Indonesia, masih akan bertanding memperebutkan medali perunggu dan akan bertemu Myanmar.

Susunan Pemain

Indonesia: Satria Tama; Putu Gede Juni Antara, Andy Setyo Nugroho, Rezaldi Hehanusa, Ricky Fajrin Saputra, Evan Dimas Darmono (C), Febri Hariyadi, Yabes Roni Malaifani, Septian David Maulana/Saddil Ramdhani, Ezra Walian/Osvaldo Ardiles Haay.

Malaysia: M Haziq (GK), Matthew Thomas Davies, M Adib (C), Adam Nor, M Syazwan, M, Irfan, M Noor Azam/M Jafri, M Syamer, M Syafawi, Kumaahran, Thanabalan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here